PENGARUH POLA PEMBERIAN ASI TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK DI POSYANDU DUSUN KALI PACET RT 01 RW 07 DESA GEDONG KECAMATAN BANYUBIRU
DOI:
https://doi.org/10.55606/sinov.v3i1.75Keywords:
Pola Pemberian ASI, Kecerdasan, Kognitif, AnakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola pemberian ASI terhadap kecerdasan kognitif anak di posyandu dusun Kali pacet, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaf jenis eksplorasi. Variabel bebas (X) pola pemberian ASI variabel terikat (Y) kecerdasan kognitif. Teknik penggambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 anak. Analisa data menggunakan uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; kecerdasan di bawah rata-rata 5 (lima) anak 20%, kecerdasan rata-rata 4 (empat) anak 16%, kecerdasan di atas rata-rata 7 (tujuh) anak 28 % dan kecerdasan tinggi 9 (Sembilan) anak 36%. Pola pemberian ASI secara eksklusif diberikan pada 16 anak atau 64%, sedang pola pemberian ASI secara predominan 9 anak atau 36%. Hasil uji t mendapatkan bahwa t hitung 2980,80 > t tabel 1,714 dengan df =25- 2=23 taraf signifikan 5%. Artinya ada pengaruh pola pemberian ASI terhadap kecerdasan kognitif anak di posyandu Dusun Kali pacet, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.