PENGARUH POLA PEMBERIAN ASI TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK DI POSYANDU DUSUN KALI PACET RT 01 RW 07 DESA GEDONG KECAMATAN BANYUBIRU

Authors

  • Hary Purwanto STT Simpson
  • Edi Sujoko STT Simpson

DOI:

https://doi.org/10.55606/sinov.v3i1.75

Keywords:

Pola Pemberian ASI, Kecerdasan, Kognitif, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola pemberian ASI terhadap kecerdasan kognitif anak di posyandu dusun Kali pacet, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaf jenis eksplorasi. Variabel bebas (X) pola pemberian ASI variabel terikat (Y)  kecerdasan kognitif. Teknik penggambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 25 anak. Analisa data menggunakan uji t.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; kecerdasan di bawah rata-rata 5 (lima) anak 20%,  kecerdasan rata-rata 4 (empat) anak 16%, kecerdasan di atas rata-rata 7 (tujuh) anak 28 % dan kecerdasan tinggi  9 (Sembilan) anak 36%.  Pola pemberian ASI secara eksklusif diberikan pada 16 anak atau 64%,  sedang pola pemberian ASI secara predominan 9 anak atau 36%. Hasil uji t mendapatkan bahwa t hitung 2980,80 > t tabel 1,714 dengan df =25- 2=23 taraf signifikan 5%. Artinya ada pengaruh pola pemberian ASI terhadap kecerdasan kognitif anak di posyandu Dusun Kali pacet, Desa Gedong, Kecamatan Banyubiru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Hary Purwanto, & Edi Sujoko. (2020). PENGARUH POLA PEMBERIAN ASI TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK DI POSYANDU DUSUN KALI PACET RT 01 RW 07 DESA GEDONG KECAMATAN BANYUBIRU. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 2(1), 76–85. https://doi.org/10.55606/sinov.v3i1.75